Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk SEO

iBlog.my.idCara Membuat Backlink Berkualitas untuk Belajar SEO versi iBlog — Jika anda orang yang baru saja membuat blog atau situs website tentu belum mengenal atau mengerti apa itu istilah Backlink. Didalam SEO (Search Engine Optimization) atau internet marketing tentu backlink sangat berperan penting bagi SEO Website atau situs blog. Pada kali ini iblog akan membahas semua tentang apa itu Backlink SEO untuk Website.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog atau situs website yang mengarah ke halaman atau artikel blog atau situs website anda, para pakar SEO biasa menyebut juga link building. Backlink terdapat ada dua jenis backlink yaitu external link dan inbound link, external link disebut juga dengan link keluar ke blog atau situs website anda sebaliknya. inbound link adalah link yang masuk ke blog atau situs website anda.

[caption id="attachment_1501" align="aligncenter" width="750"]Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Belajar SEO Otodidak Gratis Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Belajar SEO Otodidak Gratis[/caption]

Mengapa Backlink sangat Penting untuk SEO Website?

Jika anda sudah memahami arti dari apa itu Backlink, Manfaat Backlink sangatlah penting untuk merangking atau meningkatkan blog atau situs website anda pada mesin pencarian halaman no 1 google, menjaga reputasi suatu blog atau website di google dan mendatangkan traffik atau pengunjung pada blog atau website anda.

Bagaimana cara membangun / membuat Backlink Berkualitas?

Masih banyak orang yang masih belum paham dengan cara membuat backlink berkualitas yang benar, banyak teman-teman yang menanam backlink secara asal-asalan atau backlink nyepam (spammer), mereka berpikir dengan banyaknya backlink nyepam (spammer) yang mereka tanam akan mendapatkan ranking tinggi pada SEO Website mereka tetapi itu salah, backlink yepam (spammer) akan justru berdampak buruk pada rangking blog atau website mereka, karena google lebih menyukai backlink yang berkualitas dan natural.

Backlink Berkualitas atau tidak perlu sama sekali?


Backlink Berkualitas tidak semudah itu didapatkan, nah berikut ini saya memberikan sedikit tips cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis yang bisa kamu terapkan untuk membuat backlink berkualitas tinggi dan akan terlihat backlink berkulitas premium dan bukan backlink yang terkesan spammer atau nyepam.

1. Tempatkan Backlink Pada Blog atau Situs Website dengan Authority Tinggi

Jika kamu ingin mendapatkan backlink berkualitas anda harus menempatkan backlink pada blog atau website yang authority tinggi, pastikan dulu blog atau website kamu bangun kredibilitas terlebih dahulu untuk menempatkan backlink pada website yang authority tinggi.

2. Sisipkan Backlink dengan anchor text kata kunci atau keyword anda

Jika blog atau website kamu niche "Jual Baju Online" maka gunakanan kata kunci atau keyword pada anchor text backlink anda.

3. Membangun Backlink dengan Konten yang Mudah Dimengerti

Hindari kata-kata yang diulang secara terus menerus yang membuat pengunjung bosan atau tidak memberikan informasi sama sekali.

4. Cek Sumber Backlink Kompetitor

Rajin rajin lah untuk mengecek atau melihat sumber backlink kompetitor, anda bisa menggunakan tool backlink checker gratis atau backlink checker berbayar seperti Alexa, Aherfs, Moz, Semrush dan Majestic SEO.

5. Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow

Apa itu Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow? Backlink Dofollow adalah backlink yang dapat akan dihitung oleh mesin pencarian google dan akan masuk sebagai pemberi backlink. sedangkan Backlink Nofollow adalah kebalikan dari Dofollow yang artinya tidak masuk hitungan sebagai pemberi backlink.

6. Dilarang Menggunakan Backlink Generator.

Jika anda Membuat Backlink untuk SEO Website anda lebih baik jangan pernah menggunakan backlink generator apalagi backlink generator gratis, karna itu sama saja anda dikategorikan Backlink Spammer atau Nyepam.

7. Gunakan Situs Content Sharing

Kebayakan dari teman-teman membagikan kontent artikel postingannya hanya di social media, tetapi ada baiknya juga anda menggunakan situs content sharing untuk meembagikan kontent artikel anda juga. Contoh situs content sharing seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare bisa anda gunakan atau manfaatkan untuk menempatkan backlink website atau blog Anda.

Kesimpulan

Untuk Membangun blog atau situs website dengan backlink berkualitas tidak semudah apa yang kita lihat tetapi diperlukan banyak usaha. Satu Hal yang anda perlu ingat bahwa sebelum anda mencari backlink berkualitas, anda harus membangun dan memperkuat pondasi utamanya terlebih dahulu, yaitu artikel atau konten anda. Sebanyak apa pun backlink yang anda tanam, semuanya hanya sia-sia tanpa artikel atau konten unik, lengkap, dan berkualitas.

Nah sahabat iBlog itu lah tadi Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Belajar SEO versi iBlog yang dapat Anda jadikan referensi pilihan buat teman teman, semoga Informasi Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Belajar SEO ini bermanfaat bagi Anda

Suber : Cara membuat Backlink Berkualitas versi iBlog